Minggu, 08 April 2018

Tutorial Materi di Kelas AP

Pengenalan Internet

1. pengertian internet

internet ( kependekan dari interconnection - networking ) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite ( TPC/IP ) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala internet ( huruf ' I ' besar ) ialah sitem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TPC/IP sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan internet. cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking.

tokoh -tokoh internet

  • Tim Berners-Lee pencipta WWW ( world wide web)
  • Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat surat e-mail

     2. Browser
 Browser atau penjelajah web disebut juga web browser, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. penjelajah web yang populer adalah microsoft internet sering digunakan.

3.   Download

Ambil ( unduh ) bahasa inggris : download dan kirim ( unggah ) bahasa inggris : upload. dalam teknologi informasi komunikasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputr atau sistem serupa lainnya.

4. pemanfaatan google untuk pencarian

Meskipun google menyediakan banyak fitur pencarian, saya yakin tidak banyak dari kita yang menggunakannya pada saat melakukan pencarian informasi. akhirnya kita kena badai tsunami informasi dari google yang akhirnya membuat kita binguung sendiri.
secara umum, jenis pencarian di google ada dua : basic search dan advanced search. basic search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com.
operator dasar, file format yang ingin kita cari, bahasa, region, dan sebagainya.
sebenarnya masih sangat banyak fitur pencarian yang bisa kita gunakan, tapi tidak terdapat di menu pilihan advanced search. dengan kata lain kita harus memasukkannya query di form pencarian di basic search langsung. nah permainan query dan operator pencarian ini yang sebenarnya akan kita bahas di artikel ini.
Fitur pencarian dasar :
  1. AND
  2. OR
  3. FRASE
  4. NOT
  5. SINONIM
  6. ASTERIK
  7. CASE INSENSITIVE
  8. PENGABAIAN KATA
  9. I'M FEELING LUCKY
Fitur pencarian lanjut :
  1. DEFINE
  2. CACHE
  3. LINK
  4. INFO
  5. FILETYPE
  6. ALLINTITLE
  7. INTITLE
  8. ALLINURL
  9. INURL
pencarian yang kita lakukan adak semakin efektif apabila kita mencoba menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs http://www.pdii.lipi.go.id/. Maka kita gabungkan dua operator menjadi : feletype:site:www.pdii.lipi.go.id
Dewasa ini permainan query pencarian google banyak digunakan para hacker dan cracker untuk mencari berbagai informasi, file, dan konfigurasi yang memiliki lubang keamanan aktifitas ini terkenal dengan sebutan google hacking. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Materi di Kelas AP

Pengenalan Internet 1. pengertian internet internet ( kependekan dari interconnection - networking ) secara harfiah ialah sistem gl...